Jumat, 02 Juni 2017

Analisis Web

Analisis Web          


       Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. Web analytics bukan hanya alat untuk mengukur lalu lintas web, tetapi dapat digunakan sebagai alat untuk bisnis dan riset pasar, dan untuk menilai dan meningkatkan efektivitas dari sebuah situs web, membantu orang untuk memperkirakan bagaimana lalu lintas ke situs web berubah setelah peluncuran kampanye iklan baru. Web analytics menyediakan informasi tentang jumlah pengunjung ke sebuah situs web dan jumlah tampilan halaman. Ini membantu mengukur lalu lintas dan popularitas tren yang berguna untuk riset pasar.


Pengukuran Web

         pengukuran kinerja web (web measurement) adalah seni untuk mengumpulkan data dan menganalisa data agar dapat digunakan dan mudah dibaca oleh manusia. Salah satu teknik mengukur dan menguji suatu kinerja web adalah dengan mengukur pengalaman seseorang atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan halaman-halaman web yang berada di internet.


       Ada beberapa tools yang digunakan untuk mengukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukur banyaknya pengunjung suatu website. Dibawah ini akan dipaparkan beberapa tools tersebut:



1. Pingdom Tools

Merupakan sebuah alat ukur kecepatan website dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan beberapa ukuran dari sebuah website tersebut.


Beberapa kelebihannya di kategorikan sebagai berikut :

Performance Grade : melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external css dan lain-lain.

Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.

Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.

History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.

Kekurangan yang terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.


2. GTmetrix


      Adalah website untuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus


3. Alexa Rank

      Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

Sumber:

https://fajarpram.wordpress.com/2014/06/15/analisis-web/


0 komentar:

Posting Komentar