Sabtu, 03 Juni 2017

Akses Point

Pengertian Akses Point

Akses point adalah salah satu perangkat dalam jaringan komputer. Akses point merupakan gerbang yang harus dilalui suatu perangkat agar bisa masuk kedalam jaringan lokal yang telah dikonfigurasikan. Akses point terdiri dari antenna dan transceiver, berfungsi sebagai pemancar dan penerima sinyal – sinyal dari dan untuk client server. Sederhananya akses point mengatur perangkat seperti PC, Laptop, PDA, dll untuk dapat masuk dan saling terhubung dalam jaringan tertentu, dengan begitu perangkat tersebut juga dapat terhubung dengan internet.

Namun tidak seperti Router yang dapat mengatur aliran data, akses point hanya menyambungkan atau tidak menyambungkan perangkat berdasarkan benar/ salahnya password yang diberikan perangkat. Jadi, semakin banyak user yang terhubung dengan jaringan, koneksi jaringan (internet) akan semakin lambat. Namun dewasa ini rata-rata akses point telah built-in router sehingga juga dapat mengatur aliran data.

Wireless Akses Point
Salah satu akses point yang cukup familiar, sebab kemungkinan besar sering kita gunakan adalah Wireless Akses Point. Wireless Akses Point tersebar di mana-mana, baik dirumah, di tempat kerja/ sekolah, juga di ruang-ruang public seperti café, bandara, hingga taman – taman kota. Wireless Acces Point memungkinkan perangkat lain yang memiliki wireless seperti laptop, smartphone, tablet, proyektor, dll untuk dapat mengakses jaringan lokal (LAN) dan terhubung dengan internet.

Hot Spot
Hotspot merupakan penerapan Wireless Acces Point yang sering kita temui dan gunakan, karena banyak tersedia di tempat-tempat umum seperti café, hotel, bandara, rumah sakit, dll. Hotspot menyediakan akses internet yang diberikan oleh jaringan tertentu. Untuk dapat mengaksesnya, kita hanya perlu menuliskan password yang diberikan oleh penyedia jaringan.

Fungsi Akses Point

Secara umum fungsi Akses Point adalah mengatur client – client untuk dapat (atau tidak dapat) saling terhubung dalam suatu jaringan. Namun jika dirinci, akses point memiliki berbagai fungsi sebagai berikut:


  1. Memancarkan koneksi data dan internet melalui gelombang radio. Untuk hal ini, semakin baik kekuatan sinyal, maka jangkauan akses point pun akan semakin luas.
  2. Sebagai Hub yang menghubungkan jaringan lokal (LAN) yang menggunakan kabel dengan jaringan nirkabel 
  3. Mengatur agar akses point berfungsi sebagai Dynamicc Host Configuration Protocol (DHCP) Server, sehingga pemberian IP Adrees untuk setiap pernagkat yang terhubung diberikan secara otomatis.
  4. Mengatur akses yang didapatkan suatu perangkat berdasarkan MAC Address perangkat tersebut. MAC Adress (Media Access Control) adalah sebuah identifikasi unik yang dimiliki oleh semua network card
  5. Menerapkan fitur keamanan WEP dan WPA.


WEP (Wired Equivalent Privacy) merupakan metoda pengamanan jaringan nirkabel dengan otentifikasi kecocokan kunci pada acces point dan yang diberikan client. Metoda WEP sering disebut Shared Key Autenthication. Sedangkan WAP (Wi-Fi Protected Access) merupakaan metoda keamanan yang dikembangkan untuk menutupi kelemahan WEP. Metoda pengamanan pengannti ini dikenal dengan istilah autenthication server. Dengan metoda ini key yang diberikan kepada masing-masing pengguna berbeda satu sama lainnya.

Sumber:
http://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/akses-point

0 komentar:

Posting Komentar