Kamis, 27 April 2017

Pengertian kelas dan Method pada Pemrograman Python

Kelas

Kelas adalah struktur data yang bisa kita gunakan untuk mendefinisikan objek yang menyimpan data bersama-sama nilai-nilai dan perilaku (behavior). Kelas adalah suatu entitas yang merupakan bentuk program dari suatu abstraksi untuk permasalahan dunia nyata, dan instans dari class merupkan realisasi dari beberapa objek. Jika dianalogikan, kelas itu merupakan blueprint ( cetak biru ) dari sebuah objek (instans).
Dalam Python, pendeklarasian class punya kesamaan seperti mendeklarasikan sebuah fungsi. Berikut adalah bentuk umum pendeklarasian sebuah kelas,

class <nama_kelas> :
<statemen>
<statemen>

Pendeklarasian kelas di awali dengan kata kunci class kemudian diikuti dengan nama kelasnya. Statemen-statemen dalam tubuh kelas dapat berupa atribut kelas dan method. Kelas umumnya di definisikan pada level teratas dari sebuah modul, dengan begitu objek dari kelas dapat di dibuat dimanapun dalam source code dimana kelas tersebut didefinisikan.

Atribut Kelas

Atribut merupakan data atau bisa juga berupa fungsi-fungsi yang dimiliki oleh kelas tersebut. Atribut diakses melalui notasi bertitik. Atribut-atribut kelas terikat hanya untuk kelas-kelas dimana atribut tersebut didefinisikan. Atribut-atribut data merupakan veriabel-variabel yang kita deklarasikan. Variabel-variabel tersebut dapat digunakan seperti variabel lainnya dan dapat di ubah-ubah nilainya oleh method didalam kelas ataupun di dalam program utama.
Contoh penggunaan Atribut Kelas,

>>> class X:
...     bil = 100
...
>>> print X.bil
100
>>> X.bil = X.bil + 10
>>> print X.bil
110



Method

Method merupakan fungsi yang melekat pada sebuah objek atau instan kelas. Contoh berikut menunjukkan penggunaan method dalam kelas.


#Badan Class
class TestMethod:
def perkalian(self,a,b):
c = a * b
return c

#program Utama
objek = TestMethod()   #instansiasi objek
print(objek.perkalian(50,2))


Method Constructor

Method constructor merupakan sebuah method yang akan otomatis dipanggil ketika objek di instantiasi. Constructor umumnya digunakan untuk melakukan inisialisasi terhadap suatu variabel atau method. Bentuk umum Method constructor adalah sebagai berikut,

class <nama_kelas>:
def __init__(self, <argumen-argumen>):
<statemen>
<statemen>


Contoh Program :

class Konstruktor:
def __init__(self):
print 'Kalimat ini akan langsung di cetak\n
Ketika objek dibuat'

# program utama
objekKonst = Konstruktor()


Method Destructor

Method destructor dalam python merupakan method yang menyediakan proses khusus sebelum  objek di hancurkan/dealokasi. Method constructor disebut __del__(). Method ini tidak akan dilaksanakan sampai semua referensi ke semua objek telah dihapus.

Contoh :
>>> class C:
...     def __init__(self):
...             print "inisialisasi"
...     def __del__(self):
...             print "Objek Telah dihapus"
...
>>> c1 = C()
inisialisasi
>>> c2 = c1
>>> c3 = c1
>>> id(c1), id(c2), id(c3)
(11789856, 11789856, 11789856)
>>> del c1
>>> del c2
>>> del c3
Objek Telah dihapus

0 komentar:

Posting Komentar