Selasa, 04 Oktober 2016

Tugas 1


A. Sejarah Dan Perkembangan Internet
            Sebelum internet ada, pada Tahun 1969 Departemen Pertahan Amerika telah menggunakan jaringan untuk penelitian militer di bidang informasi dan telekomunikasi, sekaligus sebagai upaya membangun sistem informasi yang andal dalam bidang sekuriti atau yang dikenal dengan nama ARPAnet (Advance Research Projects Agency Network). Pada awalnya, proyek tersebut disiapkan untuk  membangun jaringan kominikasi data antar pangkalan militer, beberapa universitas, dan perusahan yang tergabung dalam kontrak kerja dengan DoD (Department of Defece).
            Selanjutnya internet digunakan oleh kalangan akademisi UCLA (University of California Los Angeles) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Setelah itu, Pemerintah Amerika Serikat memberikan izin untuk dikomersialkan pada awal tahu 1990.
            Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan dan pengguna teknologi internet sangat pesat. Semakin banyak kalangan bisnis, organisasi perkantoran, pendidikan, militer, dan individu menggunakan jasa teknologi informasi ini yang lebih sering dikanal dengan The Information Superhigway.
            Perkembangan penggunaan internet di Indonesia tidak kalah mengesankannya dibandingankan penggunaan internet di luar negeri. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesiapada akhir tahun 2001 mencapai 2,4 juta orang. Angka tersebut naik sekitar 500 ribu dibandingkan dengan angka pada akhir tahun 2000 yang sebesar 1,9 juta orang. Pengguna sebanyak 2,4 juta orang tersebut terdiri dari 550 ribu penguna perumahan, 26 ribu pengguna perusahaan, 2.000 sekolah dengan rata-rata 500 pengguna persekolah, 500 perguruan tinggi dengan rata-rata 1.000 mahasiswa perkampus, dan 2.500 warnet   dengan rata-rata 100 orang pelanggan warnet



B. Pengertian internet
            Internet bersal dari bahasa inggris inter dan net, inter berarti antar dan net berarti jaring atau jaringan. Jadi, kata internet arti sempitnya adalah antarjaringan. Internet memiliki arti luas sebagai jaringan atau sambungan yang menghubungkan komputer satu dengan computer lainnya. Dengan memanfaatkan jaringan internet, seseorang bisa bebas berkomunikasi atau bertukar informasi dengan sesama teman atau siapa saja, mulai dari surat-menyurat, pertukaran data,  sampai bermai game, music, video, dan masih banyak lagi. Dunia internet  sering disebut dunia maya karena dalam sekejap  kalian dapat mencari data apa saja dari seluruh belahan dunia.

C. Dampak Positif  Dan Dampak Negatif  Internet
Dampak positif internet :
1.      Internet sebagai media komunikasi
2.      Sebagai media mencari informasi
3.      Sebagai media pertukaran data
4.      Kemudahan bertansaksi dan berbisnis
Dampak negatif internet :
1.      Pornografi
2.      Penipuan
3.      Violence and Gore
4.      Perjudian

Referensi:
Ali Mafud, Gunawan, 2010. Teknologi Dan Informasi 3. Jakarta: Arya Duta.

0 komentar:

Posting Komentar