Rabu, 09 November 2016

Keamanan Internet


·     








    Pengertian keamanan internet

Keamanan internet adalah proses untuk mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer. Langkah-langkah pencegahan membantu menghentikan pengguna yang tidak sah yang disebut “penyusup” untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan komputer . Tujuan Pengamanan jaringan komputer adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan komputer berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan computer.
Inti dari keamanan komputer adalah melindungi komputer dan jaringannya dengan tujuan mengamankan informasi yang berada di dalamnya. Keamanan komputer sendiri meliputi beberapa aspek , antara lain :
1.       Privacy, adalah sesuatu yang bersifat rahasia atau informasi yang sifatnya rahasia hanya pemilikk informasi yang  mengetahui.
2.       Confidentiality, adalah data yang diberikan ke pihak lain untuk tujuan khusus tetapi tetap dijaga penyebarannya.
3.       Integrity, adalah sebuah informasi tidak boleh siubah kecuali oleh pemilik informasi.
4.       Authentication, adalah hak akses informasi pakah dia pegakses yang sah atau tidak.
5.       Availability, aspek ini berkaitan dengan apakah sebuah data tersedia saat dibutuhkan.
·         Macam-macam keamanan internet

  I.     Keamanan fisik
            Keamanan fisik tidak kalah penting dari keamanan cyber karena kejahatan dalam bentuk fisik dapat berakibat fatal terhadap sebuah sistem. Keamanan fisik lebih ditekankan pada hardware. Contoh pengamanan fisik adalah menggunakan kunci atau gembok pada perangkat keras yang dipakai ataupun penjagaan ketat terhadap perangkat keras server.
   II.     Kemanan jaringan
            Keamanan jaringan adalah mencegah para pengguna yang tidak berhak menggunakan jaringan yang dimiliki. Contoh pengamanan jaringan adalah dengan menggunakan firewall ataupun proxy yang digunakan untuk mem filter user yang akan menggunakan jaringan.
   III.     Otorisasi akses
            Otoritasi akses adalah penggunaan password atau kata sandi jika kita ingin mengakses sesuatu. Otoritasi sudah banyak diterapkan pada berbagai sistem baik di dalam Personal Computer (PC) maupun di handphone. Penggunaan keamanan otorisasi akses sangat simple namun dapat menangkal dengan efektif pengguna yang tidak berhak yang mencoba mengakses sebuah sistem.
   IV.     Proteksi Virus
            Virus merupakan ancaman keamanan yang tidak bisa kita remehkan. Virus memiliki banyak karakteristik dan mampu menghancurkan data-data penting bahkan sistem yang ada. Karena itu proteksi terhadap virus ini sangat penting. Salah satu cara yang mudah menangkal virus adalah menggunakan software antivirus dan berhati – hati jika kita memindahkan data dari media penyimpanan.
    V.     Penanganan bencana
            Penanganan bencana adalah perencanaan langkah-langkah yang akan diambil jika terjadi bencana yang mengakibatkan rusaknya sebuah sistem dan hilangnya data-data penting.

·              Fungsi keamanan internet

 Fungsi dari Keamanan Komputer dalam jaringan adalah melindungi komputer baik itu sumber daya maupun data (data user dan sistem) terhadap penipuan dan pencurian. Selain itu Keamanan komputer juga mampu mendeteksi ancaman yang yang akan masuk ke dalam sistem komputer.

        Referensi :
Purbo W. Onno, Wiharjito Tony. 2000. Buku Pintar Internet: Keamanan Jaringan Internet Yogyakarta. Elex Media Komputindo.
Nimda. 2012. Keamanan. http://www.unpas.ac.id/keamanan/

0 komentar:

Posting Komentar