Rabu, 09 November 2016

Aplikasi Online Pada Internet


1. Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak. Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 7.0 atau yang terbaru, telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Apple App Store dan Google Play.
Kelebihan Instagram :
  1.      Memperindah foto kita
  2.      Bisa menshare foto
  3.       Memasarkan produk atau berjualan online
  4.       Instagram juga mengembangkan InstaMessage, fitur chat antar pengguna Instagram 

Kekurangan Instagram :
1.      Video yang kita upload hanya berdurasi sekitar 15 detik
2.      Karena berbasis smartphone, foto-foto yang dipajang di Instagram berukuran kecil dan sering tidak terlihat jelas LeonMark /leonmark 

2. BBM

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan obrolan dengan menggunakan teks, gambar, dan suara kepada pengguna BlackBerry lainnya dengan bertukar nomor PIN, email, nama atau barcode scanner. BBM memungkinkan seseorang untuk mengirim pesan untuk semua orang di kontak BBM dengan cara BBM broadcast. Kini fitur BBM bertambah dengan bisa melakukan obrolan menggunakan video calling sehingga bisa bertatap secara langsung.
Kelebihan BBM :
  1.     tidak harus membawa 2 Hp .
  2.       Bisa menshare foto
  3.       Memasarkan produk atau berjualan online
 Kekurangan BBM :
  1.       Pemakaian batarai boros.
  2.       Membuat kuota internet boros


3.WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi dibesut oleh mantan punggawa Yahoo Brian Acton dan Jan Koum yang berbasis di California, Amerika Serikat. Aplikasi ini gatis pada awalnya, tetapi kedepannya berbayar. Secara keseluruhan, antara BBM dengan WhatsApp tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk bisa menikmati obrolan pesan, teks, gambar, suara dan grup chatting, anda harus mendaftarkan nomor handphone agar bisa menggunakan aplikasi ini. Berbeda dengan BBM yang menggunakan nomor PIN.
Kelebihan WhatsApp:
  1.        WhatsApp terintegrasi dengan nomor telepon sehingga tidak perlu membuat akun.
  2.        Aplikasinya tergolong ringan dan jarang dalam status crash atau not responding.
  3.        Pesan mudah terkirim dan jarang pending. 

Kekurangan WhatsApp :
  1.       File  yang terkirim di WhatsApp akan tersimpan di memori.
  2.        Jika Anda bergabung dengan grup tertentu di WhatsApp dan sering ada kiriman foto ataupun video, maka untuk melihat file  tersebut Anda harus unduh ke memori Anda. 


4. Line

Line adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk kegiatan berkirim pesan (messenger / chatting) secara gratis di perangkat smartphone. Namun, aplikasi Line sebenarnya juga bisa disebut sebagai aplikasi jejaring sosial karena terdapatnya fitur timeline sebagai wadah untuk berbagi status, pesan suara, video, foto, kontak dan informasi lokasi. Dengan aplikasi Line kita juga bisa melakukan voice call maupun video call secara real time dan gratis.  Line disediakan di semua perangkat smartphone dan di semua sistem operasi mobile : Android, iPhone / iOS, Nokia / Windows Phone, Blackberry dan juga PC (komputer yang bersistemkan Mac OS ataupun Windows).
Kelebihan :
1.    Bisa diakses di berbagai platform, termasuk PC Desktop
2.    Tersedianya sticker yang banyak dan beragam
3.    Dukungan fitur yang beragam serta dukungan dari LINE untuk berbagai komunitas
4.    Tersedia versi LITE yang lebih ringan dibandingkan versi standar
Kekurangan:
1.    Banyaknya orang yang memakai LINE hanya untuk bermain games sehingga sering     menerima banyak undangan bermain games dari teman
2.    Pesan promosi dari akun LINE maupun akun perusahaan yang kita ikuti.

5. Wechat
            WeChat adalah Salah Satu Layanan Komunikasi pesan suara dan Pesan Text yang sudah dikembangkan oleh Tencent di China.  Wechat dapat di gunakan pada beberapa Gadget seperti Android , Blackberry Iphone , Windows Phone.
Kelebihan:
  1.      Bisa mencari teman baru bahkan bisa mencari jodoh
  2.      Mudahnya terintegrasi dengan PC lewat scan  code
  3.      Fitur untuk mengomentari foto teman layaknya media sosial
  4.      Aplikasi lumayan ringan
Kekurangan


  1.  Emoticon dan sticker yang biasa dan dan kurang menarik
  2.     Hanya digunakan untuk mencari teman baru kemudian setelah menemukan umumnya chat di aplikasi lain.

Referensi:
Whisnu E.W. 2014."Aplikasi Chating untuk Android".Jakarta: Elex Media Komputindo.
Hilman. 2015. "Aplikasi Chating Mana oyang harus  Anda Pasang".http://www.plimbi.com/article/161194/aplikasi-chatting-mana-yang-harus-anda-pasang
Pramono, Eko. 2013. "Perbedaan Whatsapp Line Kakao talk dan Wechat". https://moomooblogs.wordpress.com/2013/07/04/perbedaan-whatsapp-line-kakao-talk-dan-wechat-dan-siapa-yang-terbaik/

0 komentar:

Posting Komentar