Sabtu, 04 Maret 2017

Mesin pencarian Memex


       

       Kata memex mungkin sedikit ‘saru’ ketika disebutkan di lidah orang indonesia, namun sebetulnya Memex sendiri adalah kependekan dari  memory dan extender. Memex adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh Pentagon melalui lembaga riset Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). 
             Sejarah Memex yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya teknologi World Wide Web. Memex (singkatan dari "memory extender") , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang saat ini telah ada. Vanner Bush memang tidak terlibat langsung dalam pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau disebut dengan God Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah referensi esai hingga tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya Bush menggambarkan sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan memori manusia dengan memungkinkan pengguna dapat mengambil dan menyimpan dokumen dalam sebuah Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat berhubungan dan mirip dengan yang dikenal saat ini yaitu hypertext.
Mesin pencarian ini dirumorkan dapat melakukan pencarian lebih detail, bahkan diklaim mampu menjangkau 95% pencarian informasi yang tidak dapat dilakukan mesin pencarian Google. Mesin pencarian ini dirancang untuk menjelajahi informasi yang tak terindeks di internet, termasuk dalam index google dan informasi tersembunyi lainya seperti kriminal.
Mesin pencari tersebut dikabarkan sudah diujicoba oleh sebagian kalangan, seperti aparat di New York City untuk mengungkap kasus human trafficking, prostitusi online maupun terorisme.
          Berbeda dengan hasil pencarian dari Google, Bing, dan Yahoo - yang mana didasarkan pada iklan dan ditampilkan secara linear berdasarkan algoritma, Memex menyajikan informasi ke dalam bentuk infografis yang sulit ditemukan oleh Google.
           Program Manager DARPA, Chris White mengatakan "Kami membayangkan sebuah paradigma baru dalam proses pencarian di internet yang akan menyesuaikan konten, hasil pencarian, dan tampilan antarmuka untuk pengguna individu dan pengguna yang berkecimpung dalam bidang studi".

sumber:
http://tekno.liputan6.com/read/2177966/mengenal-mesin-pencari-memex-lebih-dalam
http://laoderahmatputra.blogspot.sg/2014/03/pengertian-sejarah-arsitektur-web.html


0 komentar:

Posting Komentar