Kamis, 27 April 2017

Program Mencari Luas menggunakan bahasa Python



Sekarang saya akan membrikan contoh program mencari luas menggunakan Python.


semoga bermanfaat :)

Mengenal VR (Virtual Reality)

 Mengenal VR (Virtual Reality)




Pengertian Virtual Reality

Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang memungkinkan user dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan berdimensi 3 yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat user seolah-olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut.

Aplikasi dan Contoh Vitual Realitry

Teknologi ini biasanya digunakan pada bidang medis, arsitektur, dan penerbangan yang mempunyai risiko yang sangat besar dan membutuhkan prototype yang meniru kondisi nyata sebelum diimplementasikan. Contohnya, seorang calon pilot dapat menggunakan VR untuk simulasi penerbangan menggunakan komputer khusus untuk melakukan ujian.


Peranti Virtual Reality

Virtual Reality biasanya membutuhkan peralatan-peralatan khusus, seperti layar komputer (screen) untuk menampilkan lingkungan, pengeras suara (speaker) untuk menerima informasi pendengaran, pelacak (tracker) untuk memonitor gerakan kepala user, sarung tangan (glove) untuk menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem, alat bantu jalan (walker) untuk memantau gerakan kaki, dll.

Cara Kerja Virtual Reality

Pada prinsipnya, user melihat suatu dunia semu yang sebenarnya merupakan gambar-gambar dinamis hasil dari simulasi komputer. Melalui peranti-peranti khusus VR, user dapat berinteraksi dengan dunia semu dan mendapatkan umpan balik yang seolah-olah nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

Kekurangan dari Virtual Reality

Orang mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan, bukannya dunia nyata dengan orang sungguhan. Akhirnya, virtual reality dapat meningkatkan pengangguran, lebih sedikit orang yang diperlukan untuk merancang proyek-proyek .

Kelebihan dari Virtual Reality

Banyak sekali keuntungan menggunakan virtual reality pekerjaan yang dari susah dapat di jadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang sesuatu bangunan seperti gedung , hotel dan rancangan denah rumah.
Melakukan beberapa latihan yang rumit seperti latihan menerbangkan pesawat bisa kita lakukan dengan stimulator.
Dan game” virtual reality bisa dijadikan pelarian bagi beberapa orang yang sudah penat dengan masalah di dunia realitas , misal seperti Second Life, the sims , dan fable

Sumber :
- https://www.kaskus.co.id/thread/578bad89642eb6d44a8b4567/penjelasan-apa-itu-vr-amp-ar-beserta-perbedaannya/
http://haiqal26.blogspot.sg/2016/12/perbedaan-ar-dan-vr.html

Pengertian dan cara kerja AR (Augmented Reality)




Pengertian Augmented Reality

         Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya (baik berdimensi 2 dan/atau berdimensi 3) dan benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata agar terintegrasi dan berjalan secara interaktif dalam dunia nyata.

Aplikasi dan Contoh Augmented Reality

         Teknologi ini biasanya digunakan pada bidang militer, medis, komunikasi, dan manufaktur yang mempunyai risiko besar dan membutuhkan tambahan benda-benda semu yang meniru benda-benda nyata sebelum diimplementasikan. Contohnya, pada pemeriksaan sebelum operasi seperti CT Scan atau MRI yang memberikan gambaran kepada ahli bedah mengenai anatomi internal pasien. Dari gambar-gambar tersebut, kemudian pembedahan direncanakan. AR dapat diaplikasikan sehingga tim bedah dapat melihat data CT Scan atau MRI pada pasien saat pembedahan berlangsung.

Peranti Augmented Reality

           Pada umumnya Augmented Reality membutuhkan alat masukkan (input device) seperti kamera atau webcam, alat keluaran (output device) seperti monitor atau Head Mounted Display (HMD), alat pelacak (tracker) agar benda maya tambahan berupa penanda (marker) yang dihasilkan berjalan secara real-time atau mungkin interaktif walaupun benda nyata yang menjadi induknya digeser-geser, dan komputer untuk menjalankan program AR.

Cara Kerja Augmented Reality

            Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra, dan citra yang digunakan adalah marker. Prinsip kerjanya adalah kamera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan, kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki. Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah, tetapi bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Kelebihan Augmented Reality 

            Kelebihan utama dari Augmented reality dibandingkan Virtual reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah. Sehingga tidak seperti virtual reality yang sampai saat ini masih digunakan secara terbatas oleh kalangan tertentu, augmented reality merebak secara cepat diberbagai bidang yang bahkan belum dapat dijangkau oleh pendahulunya tersebut.
Kelebihan lain dari augmented reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai aplikasi dalam sebuah smartphone, console game, dalam bingkisan sebuah produk, bahkan media cetak seperti buku, majalah atau koran.

Kekurangan Augmented Reality

            Salah satu kesulitan utama dalam mengembangkan aplikasi Augmented Reality adalah masalah pelacakan sudut pandang pengguna. Untuk mengetahui dari sudut pandang apa yang menarik citra virtual, aplikasi harus tahu di mana pengguna mencari di dunia nyata

Sumber : 
https://www.kaskus.co.id/thread/578bad89642eb6d44a8b4567/penjelasan-apa-itu-vr-amp-ar-beserta-perbedaannya/

Pengertian kelas dan Method pada Pemrograman Python

Kelas

Kelas adalah struktur data yang bisa kita gunakan untuk mendefinisikan objek yang menyimpan data bersama-sama nilai-nilai dan perilaku (behavior). Kelas adalah suatu entitas yang merupakan bentuk program dari suatu abstraksi untuk permasalahan dunia nyata, dan instans dari class merupkan realisasi dari beberapa objek. Jika dianalogikan, kelas itu merupakan blueprint ( cetak biru ) dari sebuah objek (instans).
Dalam Python, pendeklarasian class punya kesamaan seperti mendeklarasikan sebuah fungsi. Berikut adalah bentuk umum pendeklarasian sebuah kelas,

class <nama_kelas> :
<statemen>
<statemen>

Pendeklarasian kelas di awali dengan kata kunci class kemudian diikuti dengan nama kelasnya. Statemen-statemen dalam tubuh kelas dapat berupa atribut kelas dan method. Kelas umumnya di definisikan pada level teratas dari sebuah modul, dengan begitu objek dari kelas dapat di dibuat dimanapun dalam source code dimana kelas tersebut didefinisikan.

Atribut Kelas

Atribut merupakan data atau bisa juga berupa fungsi-fungsi yang dimiliki oleh kelas tersebut. Atribut diakses melalui notasi bertitik. Atribut-atribut kelas terikat hanya untuk kelas-kelas dimana atribut tersebut didefinisikan. Atribut-atribut data merupakan veriabel-variabel yang kita deklarasikan. Variabel-variabel tersebut dapat digunakan seperti variabel lainnya dan dapat di ubah-ubah nilainya oleh method didalam kelas ataupun di dalam program utama.
Contoh penggunaan Atribut Kelas,

>>> class X:
...     bil = 100
...
>>> print X.bil
100
>>> X.bil = X.bil + 10
>>> print X.bil
110



Method

Method merupakan fungsi yang melekat pada sebuah objek atau instan kelas. Contoh berikut menunjukkan penggunaan method dalam kelas.


#Badan Class
class TestMethod:
def perkalian(self,a,b):
c = a * b
return c

#program Utama
objek = TestMethod()   #instansiasi objek
print(objek.perkalian(50,2))


Method Constructor

Method constructor merupakan sebuah method yang akan otomatis dipanggil ketika objek di instantiasi. Constructor umumnya digunakan untuk melakukan inisialisasi terhadap suatu variabel atau method. Bentuk umum Method constructor adalah sebagai berikut,

class <nama_kelas>:
def __init__(self, <argumen-argumen>):
<statemen>
<statemen>


Contoh Program :

class Konstruktor:
def __init__(self):
print 'Kalimat ini akan langsung di cetak\n
Ketika objek dibuat'

# program utama
objekKonst = Konstruktor()


Method Destructor

Method destructor dalam python merupakan method yang menyediakan proses khusus sebelum  objek di hancurkan/dealokasi. Method constructor disebut __del__(). Method ini tidak akan dilaksanakan sampai semua referensi ke semua objek telah dihapus.

Contoh :
>>> class C:
...     def __init__(self):
...             print "inisialisasi"
...     def __del__(self):
...             print "Objek Telah dihapus"
...
>>> c1 = C()
inisialisasi
>>> c2 = c1
>>> c3 = c1
>>> id(c1), id(c2), id(c3)
(11789856, 11789856, 11789856)
>>> del c1
>>> del c2
>>> del c3
Objek Telah dihapus

program kalkulator bahasa C



 kali ini saya akan memberikan coding program kalkulator dengan bahasa C dan outputnya.
ini merupakan listing programnya:

terimakasih,,

Konsep Inheritance (Pewarisan) dalam Pemrograman Berbasis Objek

Inheritance (Pewarisan)

Pewarisan merupakan konsep dalam pemrograman berbasis objek yang memungkinkan  untuk membuat suatu kelas dengan didasarkan pada kelas yang sudah ada sehingga mewarisi semua method dan atributnya. Pewarisan merupakan suatu mekanisme yang memungkinkan seorang pemrogram menciptakan suatu kelas baru berdasarkan kelas yang sudah tersedia tetapi tidak perlu  menuliskan kode dari nol. Dengan cara seperti ini, semua method dan atribut yang terdapat pada kelas induk diturunkan ke kelas turunannya. Namun kelas turunannya dapat menambah method baru atau atribut baru tersendiri.


Kelas A
Atribut 1
Atribut 2
Atribut-n

Method X( )
Method Y( )



Kelas B




Method Z( )



Pada contoh diatas, Kelas A merupakan Kelas Induk dan Kelas B disebut Kelas Anak. Ketika Kelas B  dideklarasikan sebagai subkelas dari Kelas A, maka Dengan sendirinya Kelas B mewariskan semua atribut atau method yang dimiliki oleh Kelas A. Namun, Kelas B juga dapat membuat method sendiri.

Bentuk Umum pembuatan Kelas turunan,

class <nama_kelas_turunan>(<nama_kelas_induk>):
<atribut-atribut>
<method-method>


Contoh program :

class Ayah:
def methodAyah(self):
print "Ini adalah Method Ayah"


class Anak(Ayah):
def methodAnak(self):
print "Ini adalah Method Anak"


#deklarasi objek kelas Ayah
p = Ayah()
p.methodAyah()

#deklarasi objek kelas anak
c = Anak()
c.methodAnak()
c.methodAyah()

Output :

Ini adalah Method Ayah
Ini adalah Method Anak
Ini adalah Method Ayah

Struktur SIM

STRUKTUR SIM


I. Struktur SIM berdasarkan Unsur Pengoperasian.

A. Komponen Fisik


Komponen Sistem Keterangan
Perangkat Keras Adalah komputernya itu sendiri berikut dengan sarana-sarana yang lainnya (I/O , Storage,CPU, Comunication device)
Perangkat Lunak 1. System Software
2. Aplication Software
3. Utility
File Kumpulan dari Data (dalam media storage)
Prosedur Termasuk komponen fisik karena prosedur disediakan dalam bentuk buku panduan (manual book). 3 jenis prosedur yang dibutuhkan, yakni:
1. Instruksi untuk pemakai
2. Instruksi untuk penyiapan data
3. Instruksi pengoperasian komputer
Operation Personel Orang yang bergerak dalam SIM
- Operator
- Programmer
- System Analyst
- Pimpinan sistem informasi


B. Fungsi Pengolahan


Pengolahan Keterangan
Proses Transaksi Adalah suatu aktivitas mengadakan pembelian dan penjualan suatu produk.
Dokumen yang diperlukan :
1. Persiapan transaksi
2. Pencatatan pelaksanaan transaksi
3. Pelaporan pelaksanaan transaksi
Pemeliharan Master File Master File akan berubah bila terjadi suatu transaksi, dan hal ini yang mencerminkan informasi selalu dalam keadaan aktual
Proses Reporting Laporan merupakan hasil yang dapat dipakai dari SIM, dan terdiri atas 2 bentuk :
1. Laporan terjadwal, yaitu laporan yang dihasilkan berdasarkan periode/tetap
2. Laporan khusus, laporan yang dibuat secara insidentil untuk tujuan tertentu
Proses Interaktif Aplikasi yang didesain sebagai sistem manusia-mesin. Komputer menyelenggarakan pengolahan dan user menggunakannya dalam bentuk query (pertanyaan dan tanggapan) untuk memecahkan suatu masalah.


C. Output System

Output sistem informasi dapat dikelompokkan ke dalam lima jenis utama :

1. Dokumen Transaksi

Jenis Dokumen Transaksi Penjelasan
Informasional Laporan mengenai kegiatan yang akan atau telah dilakukan, dimaksudkan sebagai umpan balik untuk kegiatan selanjutnya.
Contoh pesanan pembelian, pengiriman barang yang dipesan.

Action (tindakan) Suatu permintaan untuk suatu tindakan.
Suatu pesanan produksi merupakan tindakan awal untuk suatu produksi

Problem Solving Terjadinya kesalahan atau adanya laporan khusus dapat dipakai sebagai petunjuk untuk pengawasan dan kegiatan di masa depan.



2. Laporan yang direncanakan sebelumnya.

Laporan yang isi dan bentuknya telah ditentukan terlebih dahulu. Misal Laporan Penjualan dan Laporan Stok berdasarkan periode tertentu.

3. Pertanyaan yang direncanakan sebelumnya.

Pertanyaan yang direncakan terlebih dahulu umumnya dihubungkan dengan output yang terbatas, biasanya mengenai sejumlah kecil “items”, misalnya persedian suku cadang barang dengan kode #1001.

4. Laporan yang sifatnya sementara.

Laporan atas pertanyaan yang tidak tetap terjadi pada waktu yang tidak teratur dan memerlukan data atau analisis yang tidak direncanakan terlebih dahulu.

5. Dialog manusia dengan mesin.

Dialog manusia dengan mesin berbeda menurut jenis laporan atau pertanyaannya. Dialog merupakan suatu cara dimana seorang pemakai dapat berinteraksi dengan suatu model untuk memperoleh suatu pemecahan yang memuaskan. Contoh model perencanaan pabrik.


Keputusan ( Decesion )

Keputusan di dalam SIM selalu di ambil dan ditentukan oleh pimpinan.
Keputusan dibagi atas :

A. Structured ( Programmable )
Adalah suatu keputusan yang sudah dirinci lebih dahulu. Hal ini memungkinkan manajemen untuk menyerahkan keputusan pada tingkat yang lebih rendah.

Karakteristiknya :
1. inputnya jelas
2. prosedural
3. diotomatisasi
4. didelegasikan

Contoh Peraturan pemesan ulang inventaris/persediaan.

B. Unstructured
Tidak adanya procedure keputusan yang ditentukan lebih dahulu. Hal ini mungkin disebabkan oleh karena keputusan mudah berubah, hingga sulit memungkinkan sutu procedure keputusan yang stabil.

Karakteristiknya :
1. inputnya yang tidak jelas
2. bersifat mendadak
3. tidak dapat didelegasikan